Daya Tarik Investasi Saham Perhiasan

Daya Tarik Investasi Saham Perhiasan

Investasi Saham perhiasan memang terbilang sebagai salah satu bentuk investasi yang paling populer. Daya tariknya terutama adalah prinsip dasar yang dimiliki yaitu mengunci harga Saham di masa yang akan datang menggunakan harga sekarang. Apabila harga Saham 24 karat sekarang adalah Rp550.000 per gramnya, maka dalam lima tahun ke depan harganya akan naik menjadi Rp1.000.000 per gram. Artinya, dengan hanya bermodalnya Rp11.000.000 saja sudah akan didapat Saham sebesar 20 gram. Kemudian, dalam lima tahun ke depan, nilai Saham akan meningkat menjadi Rp20.000.000 atau nyaris dua kali lipatnya. Hal inilah yang membuat banyak orang seringkali memantau perkembangan harga Saham.

Kemudahan lain dari harga bitcoin hari ini adalah investasi ini tidak membutuhkan modal besar. Bahkan apabila kita memiliki modal yang terbatas, maka kita dapat membeli Saham berbentuk koin dengan berat 5, 10 ataupun 25 gram. Saham berbentuk koin serta batangan juga bebas dari pajak, sementara investasi Saham perhiasan akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai atau PPn sebesar 10 persen. Pertimbangan yang digunakan adalah Saham batangan termasuk dalam bahan baku industri. Faktor ini akan berubah seiring adanya kebijakan baru atas transaksi Saham. Kini, apabila kita ingin menanamkan investasi dalam bentuk Saham, maka harus juga dipertimbangkan biaya PPh Saham senilai 0.45 persen.

Daya Tarik Investasi Saham Perhiasan

Kebijakan pajak terutama yang terkait dengan transaksi jual beli Saham kini telahberbah. Pajak penjualan untuk Saham batangan dikenakan sebesar 0.45 persen dari total harga jual. Ini artinya, komponen pajak akan dimasukkan dalam harga jual Saham. Praktisnya, nilai Saham akan lebih mahal hingga 0.45 persen karena adanya pajak ini. Aturan ini telah dituangkan dalam Peraturan Menkeu No.107/PMK.010/2014 terkait Pemungutan Pajak Penghasilan serta diterbitkan pada 8 Juni 2015 lalu. Jika kita ingin memulai investasi Saham perhiasan, maka harus diperhatikan benar-benar terkait perhitungan pajak ini di samping tata cara dalam melakukan investasi itu sendiri. Tujuannya agar kita bisa lebih memahami cara main dalam hal investasi serta mendapat keuntungan yang lebih maksimal.

Related Post